Tuesday 26 August 2014

Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat Tinggi


                Beritaterkini-update.blogspot.comMempunyai penyakit asam urat tinggi terkadang membuat para penderitanya merasa nyeri, terutama pada saat setelah mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Lalu bagaimana pola makan yang tepat untuk mengatasi kadar asam urat tinggi seperti diatas?

                Hyperuricemia atau sering disebut asam urat adalah zat hasil buanagan dari urin. Alur kerjanya yaitu purin yang masuk ke dalam tubuh kita akan diubah menjadi asam urat dan melalui ginjal zat ini dibuang. Jika kita terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin tinggi, maka akibatnya asam urat yang ada dalam tubuh kita akan meningkat.

Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat Tinggi
Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat Tinggi


                Untuk mengatasi terus menerusnya kondisi seperti ini, maka perhatikanlah pola makan yag tepat untuk mengurangi nyeri asam urat. Menurut nutrisionis, Leona Victoria Djajadi.MND, makanan yang tinggi lemak dan menghasilkan banyak purin tidak di anjurkan di konsumsi untuk penderita asam urat tinggi.

                Selain emping dan melinjo, juga tidak dianjurkan untuk penderita asam urat tinggi seperti daging merah, daging yang dibentuk seperti sosis dan nugget, produk susu full cream dan juga Bir, Tape, Tempe, Ragi yang berasal dari asupan hasil fermentasi. Begitulah penjelasan dari Leona Victoria.

                Agar gizi dalam tubuh kita tetap terpenuhi tanpa menyebabkan asam urat tinggi, saran dari victoria untuk anda yaitu memilih produk makanan tertentu. Untuk produk jenis susu, susu non-fat atau susu tanpa lemak baik untuk menambah gizi bagi penderita asam urat tinggi.

                “biasanya saya sarankan untuk mengonsumsi 2 suplemen untuk penderita asam urat tinggi: minyak ikan atau omega 3 dan glukosamine-condrotin untuk meremajakan sendi. Banyak olahraga untuk melemaskan sendi sendi kita seperti olahraga renang”. Kata ahli gizi yang mendapat gelar dari University Of Sidney Australia sebagai Master Of Nutrition And Dietetics.

Dan juga jangan lupa untuk minum air putih. Air putih sebagai solusi terbaik untuk menangani seluruh permasalahan fungsi tubuh. Pada saat air putih di minum,  ginjal akan menyiran asam urat lalu dikeluarkan melalui urin. Jadi minumlah air putih secara teratur walaupun sedikit, agar kadar asam urat turun. Selain itu victoria menyarankan penderita asam urat tinggi berolahraga seperti renang untuk melemaskan persendian.

Related Posts

Pola Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Urat Tinggi
4/ 5
Oleh