Sunday 5 April 2015

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Macam Macam Dan Cara Mengupdate Bios Laptop/Komputer

Cara update BIOSapa itu BIOS? pengertian BIOS pada komputer adalah sebuah progam untuk mengatur perangkat keras komputer, progam pada BIOS ditulis dengan menggunakan bahasa assembly. Kepanjangan bios atau singkatan bios sendiri adalah Basic Input Output system. BIOS ini tertanam di dalam motherboard dan letaknya berada di dalam sebuah chip.

Di dalam bios terdapat baterai CMOS, fungsi baterai Cmos adalah untuk menjaga agar tanggal yang berada di dalam bios bisa tetap terjaga akurat dan kembali ke konfigurasi bios/settingan bios awal atau RESET BIOS walaupun PC dimatikan dalam jangka waktu yang lama.

Fungsi BIOS pada komputer/laptop

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Macam Macam Dan Cara Mengupdate Bios Laptop/Komputer
Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Macam Macam Dan Cara Mengupdate Bios Laptop/Komputer

Fungsi BIOS adalah untuk memberikan printah yang dikenal denagan nama POST. kepanjangan POST adalah Power On selft Test, pengertian post yaitu sebuah perintah untuk penginisialisasikan perangkat keras pada waktu booting awal seperti mouse, kamera, hardisk, RAM, CD/DVD, CPU, VGA Card, Keyboard dan perangkat keras yang ada di komputer lainya.

Cara kerja BIOS pada komputer/laptop

Awal proses kerja BIOS yaitu dengan mennginisialisasi perangkat keras atau hadware komputer, pada proses penginisialisasian ini kita bisa melihat memori yang terinstal, tipe hardisk, besar kapasitas hardisk  pada komputer/laptop kita  dan akan menampilanya dari kartu garfis. Selanjutnya kerja bios akan mengecek perangkat penyimpanan lainya seperti hardisk dan RAM atau disebut Count Up Test, lalu proses selanjutnya melakukan pengujian pada perangkat tersebut. Setelah proses bios tersebut selesai, dia akan mencari lokasi Booting sistem operasi.

Macam macam Bios pada komputer


  • AMI BIOS
macam macam bios ami bios
Macam Macam BIOS: AMI BIOS

AMI BIOS merupakan keluaran dari American Megatrends Inc. AMI bios ini pada tahun 2002 banyak dugunakan oleh berbagai Firmware komputer. Untuk cara login bios atau cara Masuk bios  modem AMI BIOS ini dengan menekan tombol DELL pada saat Booting.



  • AWARD BIOS
Tipe BIOS AWARD BIOS
Tipe BIOS: AWARD BIOS

Jenis AWARD bios ini kurang banyak di review oleh beberapa blogger. Tetapi banyak juga produsen komputer yang menggunakan jenis bios award ini. Lalu bagaimana cara masuk bios award ini? Yaitu sama seperti cara login AMI bios dengan menekan tombol DELL, atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard CTRL+ALT+ESC.


  • PHOENIX BIOS
jenis jenis bios phoenix bios
Jenis Jenis BIOS: PHOENIX BIOS

Tipe bios PHOENIX BIOS ini sering disebut juga Basic Input Outpus System. Produk bios ini banyak sekali digunakan di indonesia. Untuk cara akses menu bios jenis Phoenix ini dengan menekan tombol F2 pada saat booting.

Cara update bios laptop/komputer

langkah2 update bios
langkah2 upgrade BIOS

Update bios juga sering disebut dengan flashing bios. Langkah2 update bios bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke tukang servis komputer. Resiko update bios bisa muncul jika kita belum mengetahui langkah update bios yang benar. Bahaya update bios bisa dirasa serius. Karena jika gagal update bios bia membuat laptop mati total, jika anda mengikuti tutorial ini, anda saya pastikan akan sukses dalam proses upgrade bios kecuali ada pemadaman listrik saat proses memperbarui bios.

persiapan update  bios pada laptop atau komputer


  •  Identifikasi versi bios dan motherboard laptop/komputer
Cara mengetahui versi bios dengan melihat di motherboard tentang produsen dan model laptop/komputer. Dan juga catatlah nomor Revisinya, contohnya REV 1.03G

Untuk cara cepat melihat versi bios dengan melihat informasi yang ditampilkan bios pada awal booting dengan menekan tombol  ESC, F2, DELL tergantung tipe biosnya. Langkah melihat tipe bios lainya yaitu dengan cara masuk ke windows dan membuka command prompt lalu ketik “msinfo32” pada sebelah kiri pilih “ringkasan sistem atau system summary” dan kemudian cari entri “BIOS VERSION/DATE”


  •  Sambungan internet untuk mengunduh file update BIOS, utility BIOS dan keperluan BIOS lainya.
  • Tutorial mengupgrade bios, unutk menjadi referensi kalau kebingungan.
  • Salin data penting ada di dalam laptop untuk berjaga jaga ketika hilangnya data.
  • Listrik, ini menjadi sangat penting karena jika saat langkah langkah update sedang berlangsung dan istrik tiba tiba padam, bisa membuat motherboard tidak berfungsi lagi.

Langkah melakukan update BIOS


1.       Catat tanggal BIOS dan nomor versi yang terpasang pada sistem operasi
 cara melihat versi BIOS Laptop/Komputer:
·         Cara Mengetahui versi BIOS pada windows 8: ketik “msinfo32” pada start_screen dan pilih file yang keluar tersebut
·         Cara Mengetahui versi BIOS pada windows 7: tekan tombol windows dan ketik “msinfo32” atau bisa juga dengan cara yang saya sebutkan diatas.
·         Cara Mengetahui versi BIOS pada windows XP: klik start menu > Run > ketik “msinfo32” lalu klik OK
·         pada sebelah kiri pilih “ringkasan sistem atau system summary” dan kemudian cari entri “BIOS VERSION/DATE”
melihat tanggal dan versi bios
melihat tanggal dan versi bios


2.       menemukan file update BIOS
untuk cara mencari file update BIOS dapat mengggunakan trik ini:
·         buka website tempat merk motherboard (jika komputer rakitan) atau website merk laptop (komputer Build Up atau komputer pabrikan)
·         temukan tipe dari yang sama dengan laptop anda, untuk mengakses halaman tipe laptop mungkin berbeda beda setiap merk laptop/komputer
·         cari halaman driver download
·         masukan jenis sistem operasi dan nomor produk PC jika diminta
·         lihat apakah ada pilihan untuk versi BIOS terbaru dan tanggal yang update dengan acuan tanggal dan versi BIOS yang kita catat di atas tadi pada laptop/komputer kita
·         jika ada tutorialnya seperti manual update downloadlah, karena ini oenting untuk panduan kita saat melakukan update BIOS.
·         Terakhir download file update BIOSnya

3.       Proses Update BIOS
·         Simpanlah file untuk update BIOS pada tempat media yang disarankan seperti harddisk, flashdisk, dll. Ada juga merek laptop/komputer yang memfasilitasi update BIOS online (jika koneksi internet anda bagus opsi ini bisa dipakai)
·         Disarankan untuk menggunaka UPS dalam proses Update, untuk berjaga jaga saat listrik mati
·         Lakukan backup BIOS jika ada opsi ini
·         Lalukan proses update BIOS, jika sudah selesai muncul tulisan seperti “THE LATES VERSION OF THE BIOS IS NOW INSTALLED ON THE COMPUTER
·         Kemudian restart laptop/komputer, jika proses BOOTING dan POST berjalan dengan lancar maka update BIOS sukses
·         Selesai

Sebenarnya banyak opsi tutorial untuk mengupdate BIOS dari segi merek seperti cara update bios acer, cara update bios gigabyte, cara update bios asus, cara update bios asus x200ma, cara update bios biostar, cara update bios toshiba, cara update bios msi,cara update bios asus x200m dan masih banyak lagi. Tetapi saya memilih membuat tutorial cara update BIOS secara umum, meskipun di dalamya ada pengertian BIOS, fungsi BIOS, cara kerja BIOS, jenis jenis BIOS dan langkah langkah update BIOS

RELATED SEARCH: cara update bios, fungsi bios, cara masuk bios, cara setting bios, apa itu bios, setting bios, kepanjangan bios, macam macam bios, jenis jenis bios, cara reset bios, konfigurasi bios

Related Posts

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Macam Macam Dan Cara Mengupdate Bios Laptop/Komputer
4/ 5
Oleh